Sumber Kekuatan Perpustakaan

 on 31 Mei 2012  

  • Sumber daya manusia
sumber daya manusia diperpustakaan adalah semua tenaga kerja atau perangkat perpustakaan yang terdiri atas, pimpinan, pejabat fungisional, pelaksana teknis opersional, pelaksana teknis administrasi semua perangkat tersebut adalah tim kerja (team Work) yang harus dapat bekerja sama untuk keberhasilan perpustakaan.

  • Koleksi bahan perpustakaan
bahan pustaka yang memadai, baik mengenai jumlah, jenis, dan mutu, yang tersusun rapi, dengan sistem pengelolahan serta kemudahan akses atau temu kembali informasi, merupakan salah satu kunci keberhasilah perpustakaan. oleh sebab itu perpustakaan perlu memiliki koleksi bahan pustaka yang relatif lengkap sesuai dengan visi , misi, perencanaan strategi, kebijakan dan tujuannya.

  • Sarana dan prasarana
proses penyelenggaraan perpustakaan membutuhkan tersedianya sarana dan prasarana serta perlengkapan/perabot ataupun fasilitas lainnya.

  • Pengunjung, anggota dan masyarakat pemakai
pengunjung, anggota dan masyarakat pemakai perpustakaan adalah sasaran utama penyelenggaraan perpustakaan. oleh karena itu kehadiran anggota masyarakat dan pemakai yang lain menjadi salah satu kunci keberhasilan perpustakaan.

  • Lingkungan perpustakaan
lingkungan yang baik ikut memberikan andil dalam penyelenggaraan perpustakaan. lingkungan tersebut antara lain lokasi yang strategis, mudah dikenali dan dijangkau masyarakat, bebas banjir, bersih, tenang, sehat, dan terdapat akses kendaraan.

  • Mitra kerja
mitra atau "partner" perpustakaan adalah semua pihk yang terlibat secara langsung dan tidak langsung didalam penyelenggaraan perpustakaan. organisasi atau lembaga yang dapat diajak bekerja sama antaralain penerbit, toko buku terutama yang bergabung dalam gabungan toko buku indonesia(Gatbi), agen, distributor dan penyedia sumber informasi dan koleksi bahan pustaka, pemerintah dan swasta khususnya yang bergerak di dalam bidang yang hampir sama, masyarakat pemakai perpustakaan dan kelompok-kelompok tertentu lainnya.

  • Anggaran
anggaran bagi sebuah perpustakaan merupakan salah satu fktor yang sangat penting. oleh karena itu ketersediaan anggaran harus disusun sejak awal pembentukan perpustakaan hal-hal yang berkaitan dengan anggaran adalah:
  1. Sumbernya pasti
  2. Jumlahnya memadai
  3. Penggunaannya menurut perencanaan kebutuhan
  4. Laporan pertanggungjawaban yang benar
  5. Tidak terjadi salah urus dan salah kelolah
  6. Diusahakan jumlahnya selalu bertambah setiap tahun, sesuai dengan kebutuhan.



(Psikologi Perpustakaan, Wiji Suwarno (2009) Jakarta: Sagung Seto) 
Sumber Kekuatan Perpustakaan 4.5 5 JASMAN UNIMPORTANT 31 Mei 2012 Sumber daya manusia sumber daya manusia diperpustakaan adalah semua tenaga kerja atau perangkat perpustakaan yang terdiri atas, pimpi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer