Ciri-ciri Buku ilmiah Berkualitas

 on 30 Mei 2012  

Dalam pemilihan buku-buku yang baik dalam kategori ilmiah, menyangkut warna, tekstur, ilustrasi, daftar abstraksi dan daftar isi. karena dengan hal itu jiwa yang terpengaruh, akan cenderung untuk tertarik dan meningkatkan minat baca.

dari hasil angket dapat disimpulkan bahwa buku berkualitas adalah buku yang memiliki kriteria sebagai berikut:
  • Memenuhi standar penulisan ilmiah.
Artinya, barbagai tulisan baik itu suatu artikel, makalah, laporan hasil penelitian, dan lain-lain memiliki standar tertentu dalam penulisannya, seperti: masalah (problem), tujuan (objective), analisa (analys) dan kesimpulan.
  • Isi tulisan dapat dipertanggung jawabkan dan memenuhi kebutuhan informasi pembaca.
 Artinya, suatu isi buku adalah benar hasil pemikiran dan memiliki referensi yang jelas, sehingga bisa dipertanggung jawabkan, serta mampu meyampaikan pesan yang dapat diterima pembaca sebagai suatu informasi.
  • Referensi yang luas dan jelas, up to date dan deskripsi yang detail dan analisis tajam.
Suatu karya disebut sebagai karya yang bermutu dan baik, jika didalamnya terdapat jurukan-rujukan dari berbagai pakar atau penulis sebelumnya, informasi yang disajikan mutakhir, dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dalam menguraikan pesan-pesan yang dimuat.
  • Kelengkapan indeks, bibliografi dan terkait dengan disiplin ilmu.
Indeks dan bibliografi menjadi sarana (tools) untuk temu kembali suatu referensi. sehingga pembaca bisa menelusur informasi yang di perlukan didalamnya secara tepat dan akurat, dan membantu pembacamenemukan sumber asli dari rujukan yang digunakan.
  • Tema buku terkait dengan yang akan dipilih, otoritas keilmuan penulis (kepakaran) dan kualitas fisik buku.
Tema buku dan latar belakang penulis menandakan suatu kesepadanan (match) antara informasi yang dimuat dengan keahlian penyampaian informasinya. sehinggah dapat dikatakan buku tersebut adalah eksplorasi dari keilmuan penulis.
  • Sampul bagus, bahasa terstruktur dan runtut setiap bab terdapat roadmap bahasan
Sampul mambuat daya tarik, bahasa terstruktur membuat pembaca memahami dengan mudah informasi yang disampaikan, dan roadmap membantu pembaca merespon ini yang disampaikan.




(Psikologi Perpustakaan, Wiji Suwarno (2009) Jakarta: Sagung Seto)
Ciri-ciri Buku ilmiah Berkualitas 4.5 5 JASMAN UNIMPORTANT 30 Mei 2012 Dalam pemilihan buku-buku yang baik dalam kategori ilmiah, menyangkut warna, tekstur, ilustrasi, daftar abstraksi dan daftar isi. karena ...


2 komentar:

  1. Wah bener juga itu yang penting kualitas dari gaya penulisan bukunya.

    Dan juga isinya sesuai dengan kebutuhan pembaca dan sesuai dengan kenyataannya.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Postingan Populer