10 Kesahatan yang menyebabkan LJK tidak terbaca oleh komputer

 on 20 Maret 2012  


Sekitar 15% setiap tahunnya, dalam SNMPTN/SPMB terjadi kasus LJK tidak terbaca oleh komputer. Prosentase jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah mahasiswa yang lulus SNMPTN/SPMB


Top 10 Kesalahan yang menyebabkan LJK tidak terbaca oleh komputer :

  • Salah menulis nama.
Contoh : nama peserta berbeda ketika mendaftar dan ketika mengikuti ujian. (X)
Contoh yang salah
Di formulir tertulis                  AURA [spasi] KASIH
LJK Hari Ke-1 tertulis            AURA [spasi] K
LJK Hari Ke-2 tertulis            A [spasi] KASIH

  • Salah menulis tanggal lahir.

Contoh : menulis tanggal waktu ujian pada kolom tanggal lahir. (X)

  • Lupa mengisi kode naskah soal/ mengisi kode naskah salah

Contoh : karena terburu-buru, jadi lupa menulis kode naskah soal (X)

  • Lupa menandatangani pernyataan.

Contoh : lembar jawaban akan sah dan dikoreksi, apabila peserta menandatangani LJK sesuai dengan petunjuk yang
ada. (X)

  • Lupa menyalin ulang pernyataan kembali.

Contoh : perlu diingat untuk menyalin ulang kembali kolom pernyataan yang ada sesuai petunjuk yang telah diberikan. (X)
  •  Salah mengisi kode program studi.
Contoh : mengisi kedua program studi di PTN yang salah satu pilihan program studinya tidak ada pada PTN di wilayah/regional ketika dia mendaftar. (X)

  • Menghitamkan lingkaran tidak sampai hitam/kurang tebal.
  • Mengisi lebih dari satu jawaban pada pertanyaan yang sama.
  • Tidak menggunakan pensil 2B.
  • Menghapus kurang bersih/kotor, basah, dan/atau LJK terlipat.

Strategi Lulus SNMPTN for Dummies, Yorisan Permana B.  YoriGroup Corporation, 2009.
10 Kesahatan yang menyebabkan LJK tidak terbaca oleh komputer 4.5 5 JASMAN UNIMPORTANT 20 Maret 2012 Sekitar 15% setiap tahunnya, dalam SNMPTN/SPMB terjadi kasus LJK tidak terbaca oleh komputer. Prosentase jumlah tersebut hampir sama...


110 komentar:

  1. Wah informasi yang membangun serta bermanfaat bagi kita semua.

    Jadi semakin jelas kesalahannya.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. kak kalau ngehitaminnya keluar garis gimana aman gak???

      Hapus
  3. Om /? Tadi ljun saya buram dari awal dibagikan, apakah kemungkinan eror? Buramnya dibeberapa bagian saja.
    Mohon jawabannya

    BalasHapus
  4. Kalok misalkan yang kotor belakangnya karena ke cap sama tulisan di soal pas ngelingkarin?? Soalnya kalok pakek alas langsung nggak enak jadi bawahnya kasih soal eee malah kena di ljk.... lupa di hapusin
    Hari pertama sih masih kaku

    BalasHapus
  5. kalo salah ngebuletin tanggal itu jadi masalah ga?

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Kak kalau ado kotor sdikit bekas hapusan jwaban gmna kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan berbekas skitar 2cm kak udah saya hpus tp bkasny masih ada kak,
      Trimakasih

      Hapus
    2. Biasanya tergantung scannernya dan bekas yg dihapus..
      Klo bekas hapusnya ga nutupin jawaban yg sebelumnya masih aman, jgan sampai bekas hapusnya terlalu terlihat dan scannernya membaca 2 jawaban dalam 1 soal otomatis jawabannya salah...

      Meskipun ga lingkaran nya ga sepenuh nya full klo hurufx sdah tertutup kemungkinan sdah bisa terbaca, (klo pakai pensil yg sdah disarankan)

      Hapus
    3. cuman satu soal kan yg gak terbaca,, bukan semuanya kan ?

      Hapus
  8. kalo salah penulisan tahun lahir gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggal lahir merupakan penulisan data awal. kesalahan dalam penulisan ini memungkinkan komputer pemeriksa tidak mengenali pemilik jawaban.

      Hapus
    2. Kemungkinan bukan berarti tidak di baca kan kk

      Hapus
  9. Kak, kalo masih ada bekas tanda titik di salah satu opsen, gimana kak? Bisa terbaca kg...

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. apa jawaban yang dihapus masih bisa terlihat atau tidak.? biasanya bekas jawaban yg agak samar atau masih menutup jawaban akan terbaca tergantung tingkat sensitifitas scannernya...
      yang di khawatirkan komputer membaca 2 jawaban dalam 1 soal yang menjadikan jawaban qt terbaca salah.

      Hapus
    2. cuman 1 soal kan ga ga kebaca,, bukan semuanya kan ?

      Hapus
  11. Kalau salah buat tanggal ujian gimana kak? Misalnya tanggal ujian nya 15 april nah saya buat nya 16 april

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah jawabannya masih bisa ke baca kak #tolongdijawab makasihh...

      Hapus
  12. Maaf mau tanya misalkan ada dua nomor yang tidak terisi itu gimana

    BalasHapus
  13. Maaf kak,, kalau misalnya ljk terkelupas namun tidak sobek,,itu gimana??

    BalasHapus
  14. Maaf kak,, kalau misalnya ljk terkelupas namun tidak sobek,,itu gimana??

    BalasHapus
  15. Kak kalau bulan ujian salah gimana ya???

    BalasHapus
  16. Kak kalo silangannya nembus ke belakang ljk bisa terbaca scanner gak ya jawabannya ?

    BalasHapus
  17. Kalau misalnya bundarannya lewat dari lingkaran jawaban, itu ngak bakal eror kan?

    BalasHapus
  18. Kak kalau mengisi identitasnya kurang gimana? Nama saya kan khoirun nisa' ada tanda petik satu diatas.. dan di LJU tadi tidak saya hitamkan.. apakah masih bisa terdeteksi?

    BalasHapus
  19. Kak kalau mengisi identitasnya kurang gimana? Nama saya kan khoirun nisa' ada tanda petik satu diatas.. dan di LJU tadi tidak saya hitamkan.. apakah masih bisa terdeteksi?

    BalasHapus
  20. kak aku mau nanya boleh? ttd 1 sama ttd 2 di ljk sbmptn aku bedain :( apa masih bisa ke scan ya kak? aku takut nilaiku 0 hanya karena masalah itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana hslnya? Saya malah lupa ttd saat ujian saintek. Dan sepertinya itu sangat berpengaruh karna hsl saya failed. Bagaimana dgn kmu?

      Hapus
  21. Kak kan disitu ditulis ga pake pensil 2b.. la klo pake pensil 8b tetep ga kebaca gitu

    BalasHapus
  22. Kak kalo ada 1 nomor yg nggak ke isi gimana?

    BalasHapus
  23. Kak kalo ada 1 nomor yg nggak ke isi gimana?

    BalasHapus
  24. Kalo ngisi jawaban a tapi di jawaban b ada titik belum dihapus kira-kira titik nya kebaca tidak?

    BalasHapus
  25. Kalo ngisi jawaban a tapi di jawaban b ada titik belum dihapus kira-kira titik nya kebaca tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo titiknya menutupi huruf B jawaban kan terbaca dan otomatis akan ada 2 jawaban terbaca. yang berarti pada nomor itu salah

      Hapus
  26. Min, kalau misalkan saya salah menulis nomor tes atau salah menghitamkan kolom pada nomor tes.apakah sudah dipastikan saya tidak lulus??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong dijawab, saya takut banget gk lulus.

      Hapus
    2. klo salah menuliskan tidak jadi masalah, yg bermasalah jika menghitamkan. karena yang terbaca kolom yang di hitamkan

      Hapus
    3. Min kalo tanggal lahirnya itu di isi sama tanggal ujian gimana? Sudah pasti itu tidak lulus kah?

      Hapus
  27. Kalo bulatkan hitam banget smpe ngejeplak ke blkng kertas bole ga sii????

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya masih terbaca, yang penting tidak berlubang atau bulatannya tidak menyebar ke jawaban yang lain

      Hapus
    2. Kak Kalau Ada Soal Yg Enggak Di Jawab :-(

      Hapus
    3. ya pasti salah, klo tdk di jawab

      Hapus
  28. Kak minta no wa kak saya mau tanya tanya

    BalasHapus
  29. Kalo salah nulis bulan nya harus nya pake huruf kapital semua APRIL tapi saya malah nulis April .gimana ka? Tolong dijwab saya takut ngga lulus

    BalasHapus
  30. ljk saya lecet / terkelupas apakah masih bisa discan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo masih soft atau tidak terlalu parah masih bisa,

      Hapus
  31. kalo barcode yg diatas kanan agak kotor. terbaca gk??

    BalasHapus
  32. Klw menghitaminya sampai tembus terjeplak di kertas LJK ny kex mna kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejam amat sampai tembus, ga sampai berlubang kan?

      Hapus
  33. Kalau kotor dikit di bagian abc nya gimana??

    BalasHapus
  34. Kenapa scanner IR hanya mengenali pensil 2B ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pensil 2b memang paling di rekomendasikan krn hitamnya pas, klo terlalu hitam seperti pensil HB bakalan sulit menghapus/ganti jawaban jika salah menjawab.

      Hapus
  35. Saya mau tanya apakah jika salah menulis tanggal lahir akan bermasalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tidak terlalu bermasalah. krn cuma jadi penunjang

      Hapus
    2. Jadi kak kalau lupa menulis kode soal?

      Hapus
  36. Kak, jika tanggal lahir dibuat tanggal sbmptn gimana kak? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  37. Kak saya mau nanya kan di ljk yang saintek saya mencantumkan nama tidak sesuai dengan kartu tanda peserta sbmptn. Seharusnya Katherine Maria tetapi saya menyingkatnya menjadi Katherine M. Tetapi di ljk tkpa saya mencantumkan dengan benar. Apakah itu nantinya berpengaruh? Panitia tadi mengatakan kalau itu tidak bermasalah asalkan nomor pesertanya sama tetapi saya merasa cemas nantinya tidak diterima. Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemeriksaan awal biasanya nomor peserta, nama biasanya untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan nomor peserta. jadi tdk usah terlalu cemas, banyak2 berdoa saja

      Hapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Kak kalo pernyataan nya tidak disalin kembali bagaimana?? Mohon jawabannya ya. Terima kasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo itu tergantung kebijakan penyelenggara. tp pernyataan tidak akan terbaca oleh komputer.

      Hapus
  40. Kak pas sbm kmrin nulis pernyataan dan tanda tangan nya disuruh pake pena .
    kebaca gk ya sma scanner nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernyataan memang ga kebaca pada komputer. di suruh pake pena biar ga mudah terhapus

      Hapus
  41. ka mau tanya misalkan saya tidak menuliskan "kalimat pernyataan yg disuruh menuliskan ulang kembali" apakah itu tidak terbaca komputer? dan apakah akan mempengaruhi kelulusan?
    Mohon banget ka dijawab, penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling mempengaruhi kelulusan itu jawaban ama nomor registrasi biar ketahuan yg lagi ujian siapa

      Hapus
  42. Mohon maaf kak, kalau kurang melingkari satu huruf nama sangat berpengaruh kak?? Terimakasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya tergantung namanya. klo mudah dikenali ga terlalu pengaruh krn kebanyakan lebih berpatokan dengan nomor registrasi.

      Hapus
  43. Kak mau tanya kalo sbm kemarin tanggal lahirnya itu di isi dengan tanggal ujian gimana? Sudah pasti itu tidak lulus kah? Tolong pencerahanya. Makasih

    BalasHapus
  44. Kak mau tanya kalo saya kemarin cuma ttd 1 kali di ljk tpa itu fatal ngga ya? Tapi pas tkd saya ttd dua kali kok. Saya takut bgt gagal gara gara ceroboh. Kalo misal karna nilai saya yang jelek mah gapapa. Nah ini ttd kan ngenes :(

    BalasHapus
  45. Halo mas, saya mau nanya soal pengisian ljk SBMPTN.

    Jadi pas SBM kemarin, saya lupa menghitamkan buletan tanda petik di nama saya pas ujian TPA, dan baru sadar ada kolom petik saat ujian SOSHUM. Nama saya kan Ma'ruf. Petiknya tidak saya bulatkan di TPA.

    Itu bagaimana ya efeknya? saya gak lulus SBM kah atau gmana? Thanks

    BalasHapus
  46. Ka kalo pake hb tp hitam bagaimana? Tp hitamnya berbeda dengan 2b. 2b lebih hitam lg. Itu bagaimana ka?

    BalasHapus
  47. Kak mohon dijawab, nama saya yang tertulis di kartu pendaftaran SBMPTN dan harus diisi di LJU "M Feriansyah R T". Kemarin saya mengisi nama saya di LJU "M Feriansyah", ini bakal ngaruh ga ke pemeriksaan di komputer ntar??? Mohon dijawab ya

    BalasHapus
  48. Permisi kak. Klo lupa ngisi tanda tangan diljk SBMPTN pemgaruh ndak ya nantinya?

    BalasHapus
  49. Permisi kak. Maaf mau tanya. Dlm pemrosesan ljk sbmptn itu apakah hanya melihat langsung dr no ujian nya? Maksudnya pembanding lain nya spt nama dan tanggal lahir bagaimana? Saya khawatir kalo misal ada no yg kelewatan mungkim blm saya bunderin:( mohon informasi nya. Terima kasih

    BalasHapus
  50. Kak mau tanya kalau ljk kotor sedikit sepertinya karena penghapus kotor, dan do hapus tidak bisa bersih hilang gimana ya? Cuma area situ saja atau pengaruh ke jawaban semua tidak dapat terscan?

    BalasHapus
  51. Kak mau tanya kalau ljk kotor sedikit sepertinya karena penghapus kotor, dan do hapus tidak bisa bersih hilang gimana ya? Cuma area situ saja atau pengaruh ke jawaban semua tidak dapat terscan?

    BalasHapus
  52. Kak mau tanya, saat menit menit terakhir ujian saya tidak menyadari kalo LJK saya terkena lem stiker yg tertempel diatas meja yg saya gunakan dan tidak bisa hilang, namun itu dibagian belakang kertas dan tidak tembus ke bagian depan kertas yg semua berisi jawaban, dilihat dari kasus ini apakah LJK saya tidak mengalami kesalahan dalam pengoreksian melalui sistem komputer dan apakah LJK saya terbaca dan tak mempengaruhi nilai kelulusan? Mohon jawabannya kak terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAK, gimana hasilnya? Bisa terscan ngga? soalnya aku juga kek gitu ada bekas tangan yg belum terhapus dibagian belakang? Gimana kak? mohon dijawab

      Hapus
  53. Kak kalo misalkan kita lupa tanda tangan di ljk tuh ngaruh ke nilai ga? Aku panik bgt kak soalnya lupa tanda tangan

    BalasHapus
  54. Kalo penulisan bulan salah ngaruh ke nilai gak?

    BalasHapus
  55. Kak kalau misalnya kertas nya berlubang tapi kecio trus ngga di bagian jawaban atau pun biodata (lebih tepat nya di bagian kyaa kertas yang lebih nya itu ka kaya yang ngga ke pake) itu gimana ya ka??

    BalasHapus
  56. Kak sy mau nanya klau misalnya ulangan UN pakai pensil 2B jayko iti terdektesi di computer engga ya?

    BalasHapus
  57. Kak kalo lupa nulis nama dan nomor peserta pada lembaran soal UN gimana bermasalah atau tidak:(
    Ayo kak tolong dijawab😊

    BalasHapus
  58. kak kalo pas bagian nama smp nya agak kotor gara gara penghapusnya gmana kak? Tapi sudah ku hapus lagi dengan penghapus yang bagus, tapi masih ada bekas kotornya sedikit,gmana kak? aku takut bngt ni :((

    BalasHapus
  59. Kak kalau lupa nulis nama dan nomor pesertanya di soal jadi masalah tak kak ?
    Tolong dijawab ya kak 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  60. Kak kalo misalnya satu soal tidak diisi, misalnya nomor 21. Itu salahnya nomor 21 aja atau berpengaruh ke semua soal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salahnya cuman nomor 21.. Yg paling penting adalah nomor registrasi.. Karena kalau itu yang salah errorlah semuanya

      Hapus
  61. Kak, kalo misalkan ngebulatin LJKnya itu keluar sedikit dari bulatannya apakah jawabannya terbaca oleh komputernya kak?

    BalasHapus
  62. Kak jika salam menghitamkan kode naskah apakah itu sudah dipastikan tidak lulis?

    BalasHapus
  63. kak ljk saya basah dibagian kolom jawaban,udah kering tapi kalau di terawang masih nmpk bekasnya.kira kira msh bisa dibaca gk?

    BalasHapus
  64. kak ljk saya basah dibagian kolom jawaban,udah kering tapi kalau di terawang masih nmpk bekasnya.kira kira msh bisa dibaca gk?

    BalasHapus
  65. kak ljk saya basah dibagian kolom jawaban,udah kering tapi kalau di terawang masih nmpk bekasnya.kira kira msh bisa dibaca gk?

    BalasHapus
  66. kak ljk saya basah dibagian kolom jawaban,udah kering tapi kalau di terawang masih nmpk bekasnya.kira kira msh bisa dibaca gk?

    BalasHapus
  67. kak ljk saya basah dibagian kolom jawaban,udah kering tapi kalau di terawang masih nmpk bekasnya.kira kira msh bisa dibaca gk?

    BalasHapus
  68. kak ljk saya basah dibagian kolom jawaban,udah kering tapi kalau di terawang masih nmpk bekasnya.kira kira msh bisa dibaca gk?

    BalasHapus
  69. kak ljk saya basah dibagian kolom jawaban,udah kering tapi kalau di terawang masih nmpk bekasnya.kira kira msh bisa dibaca gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya bisa dibaca,karena km sudah kering

      Hapus
  70. Kalau ljk saya kena noda cokelat terus gimana dong,masih bisa di kumpul GK ,saya takut karena besok dikumpul

    BalasHapus
  71. kak kalau bulatan hitam yang kita isi hanya sekitar 60-70% apakah tetap masih terbaca ? soalnya saya bakal ngerjain psikotes huruf/angka hilang dan membutuhkan speed yang cepat

    BalasHapus

Postingan Populer